Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jenis dan desain adalah eksperimen, dilaksanakan 16-31 Juli 2024, di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Jumlah peserta didik dalam penelitian 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data digunakan adalah Uji Normalitas, Uji N-Gain. Dan Uji t-one sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Normalitas dengan pretes 40 bersignifikan 167 dengan postes bersignifikan 007. Uji N-Gain diperoleh nilai minimum 10 maksimal 54, Mean 0528, standar deviasi 6102. Uji t-one sampel t-tes diperoleh 1,83% dan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 70,67% dan kategori ketuntasan hasil belajar 90%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kabupaten sorong. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024