Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

Penggunaan Kalkulator AI Sebagai Media Interaktif dalam Membentuk Pemahaman Konsep dan Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tunanetra

Damayanti, Nur Marsah (Unknown)
Sarnita, Fitria (Unknown)
Hakim, Arif Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pemahaman konsep matematika dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa tunanetra. Metode peneltian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra yang terdiri dari tiga orang dengan kriteria dua low vision dan satu totally blind di SLB Baiturrahman. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar deskriptif observasi, wawancara, dan tes tertulis. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan ditinjau dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif siswa tuna netra yang berbeda-beda, dan untuk hasil tes pemahaman konsep matematika siswa disajikan dalam tabel kebenaran dimana angka 0 menujukan keterangan salah dan angka 1 menunjukan keterangan benar.  Berdsarkan hasil pembahasan pada kedua variabel penelitian yaitu kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep pada siswa tunanetra adalah setiap indikator pada variabel penelitian, tiga siswa tuna netra mendapatkan hasil yang berbeda-beda, hasil ini juga dipengaruhi oleh kriteria pada masing-masing siswa tuna netra yaitu low vision dan total blind.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...