Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pemahaman konsep matematika dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa tunanetra. Metode peneltian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tunanetra yang terdiri dari tiga orang dengan kriteria dua low vision dan satu totally blind di SLB Baiturrahman. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar deskriptif observasi, wawancara, dan tes tertulis. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan ditinjau dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif siswa tuna netra yang berbeda-beda, dan untuk hasil tes pemahaman konsep matematika siswa disajikan dalam tabel kebenaran dimana angka 0 menujukan keterangan salah dan angka 1 menunjukan keterangan benar. Berdsarkan hasil pembahasan pada kedua variabel penelitian yaitu kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep pada siswa tunanetra adalah setiap indikator pada variabel penelitian, tiga siswa tuna netra mendapatkan hasil yang berbeda-beda, hasil ini juga dipengaruhi oleh kriteria pada masing-masing siswa tuna netra yaitu low vision dan total blind.
Copyrights © 2024