Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Relevansi Filsafat Pendidikan Dalam Transformasi Pembelajaran Abad 21: Perspektif Filosofis Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Mujaahidah, Ummul (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran abad ke-21 yang menuntut inovasi mendasar dalam desain kurikulum dan metode pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana filsafat pendidikan berperan dalam membentuk praktik pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman. Melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai aliran filsafat pendidikan seperti konstruktivisme, pragmatisme, dan humanisme, serta teori pendidikan berbasis teknologi. Hasil kajian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan menjadi kerangka berpikir yang krusial dalam merancang kurikulum yang dinamis dan responsif terhadap perubahan global. Dengan demikian, filsafat pendidikan tidak hanya sekadar teori, tetapi juga menjadi pedoman praktis dalam mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi kompleksitas dunia masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...