Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing terhadap Peningkatan Kematangan Emosional Siswa SMAS YKPP Dumai

Fiza, Nur (Unknown)
Umari, Tri (Unknown)
Donal, Donal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Kematangan emosional memainkan peran penting dalam kehidupan, maka penting diketahui bagaimana perkembangan dan pengaruh emosional terhadap penyesuaian pribadi dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kematangan emosional siswa SMAS YKPP Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penilitian ini dipilih secara purposive sampling, sampel diambil sebanyak 8 siswa yang memiliki kematangan emosional rendah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik non parametic uji wilcoxon dan n gain ternomalisasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,012 α (0,05) yaitu adanya pengaruh antara bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap kematangan emosional siswa. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil skor siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Dimana setelah diberikan treatment 86% siswa berada dalam kategori kematangan emosional tinggi dan 14% di kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...