Pendidikan karakter dapat menanamkan nilai-nilai positf dalam diri peserta didik, sehingga penting untuk mengimflementasikan pendidikan karakter pada saat aktivitas pembelajaran di sekolah, salah satu mata pelajaran yang memuat pendidikan karakter adalah matapelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn). Oleh karna itu, penelitian ini untuk mengatahui implementasi pendidikan karkater dalam pembelajaran PPKn, yang berlokasi di SMP-IT Anak Soleh Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekantan deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian di akhiri denan analisis data menggunkan teknik triangulasi sumber. Temuan penelitian menunjukan bahwa inplementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn dimulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanakan pembelajaran dan evaluasi pelajaran, sehingga dapat menanamkan karakter positif seperti sopan satun, percaya diri, bertanggungjawab, jujur dan berintegritas. Selain itu keberhasilan dalam implementasi pendidikan karakter didukung oleh kebijakan sekolah, saranan dan pesaranan, juga lingkungan keluarga, tapi ada juga faktor penghabat dalam implementasi pendidikan karakter seperti masalah kepribadian peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025