Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 42 Pekanbaru serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi. Studi kasus kualitatif ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggali lebih dalam peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SDN 42 Pekanbaru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru, serta observasi langsung di sekolah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pemimpin visioner, fasilitator pembelajaran, dan perantara antara sekolah dan pihak eksternal. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya disiplin guru, penguasaan materi yang terbatas, dan kompleksitas penerapan dua kurikulum.
Copyrights © 2025