Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Pendekatan Pembelajaran Matematika di SMP Swasta Pahlawan Nasional Studi Kasus Penerapan Metode Diferensiasi oleh Guru

Qoyyima, Annisa (Unknown)
Girsang, Dwi Octa Marcelina (Unknown)
Purba, Elisabeth Romauli (Unknown)
Sakila, Mariatul Kiftia (Unknown)
Siregar, Nurhasanah (Unknown)
Ritonga, Nurul Azizah (Unknown)
Sianipar, Tabitha Gabriela (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan metode diferensiasi oleh guru di SMP Swasta Pahlawan Nasional sebagai studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana metode ini diterapkan dan bagaimana metode tersebut memengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan peneletian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk mengkaji secara mendalam metode pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru matematika di SMP Swasta Pahlawan Nasional, khususnya terkait penerapan metode diferensiasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki beberapa keunggulan, antara lain fleksibilitas yang memungkinkan siswa untuk memilih teman belajar sesuai minat dan kelebihan mereka. Tugas rumah diberikan berdasarkan minat dan kesiapan siswa, dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran. Siswa juga dapat memilih cara belajar yang sesuai dengan preferensi mereka. Namun, tantangan utama dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah kebutuhan guru akan keterampilan komunikasi, manajemen kelas, dan kemampuan teknologi. Solusinya meliputi peningkatan keterampilan komunikasi, pelatihan guru, serta memperkuat hubungan positif dengan siswa. Dengan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan kolaboratif, serta berdiskusi dalam komunitas pembelajaran, guru dapat meningkatkan pengalaman dan kualitas pengajaran diferensiasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...