Anak gifted memiliki potensi luar biasa dalam berbagai bidang, namun seringkali kebutuhan pendidikan mereka tidak terpenuhi secara optimal dalam sistem pendidikan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi dalam pendidikan anak gifted dan mengeksplorasi solusi yang dapat diterapkan melalui pendekatan holistik. Beberapa isu yang dihadapi dalam pendidikan anak gifted meliputi kesulitan dalam identifikasi, kurangnya kurikulum yang sesuai, serta ketidakcukupan dukungan emosional dan sosial. Anak-anak gifted juga sering mengalami tekanan berlebih untuk berprestasi dan kurangnya perhatian terhadap aspek kreativitas serta keseimbangan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui tinjauan literatur. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu dalam pengajaran, serta peningkatan seluruh elemen terkait untuk menangani kebutuhan unik anak-anak berbakat. Selain itu, pengembangan program yang mendukung kesejahteraan emosional, kreativitas, dan sosial anak gifted perlu mendapat perhatian yang sama pentingnya dengan aspek akademis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025