Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Tantangan dan Pengoptimalan Dalam Meningkatkan Potensi Unik yang Dimiliki Anak Gifted

Ilham, Muhammad (Unknown)
Shofiah, Vivik (Unknown)
Lestari, Yuliana Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Anak gifted memiliki potensi luar biasa dalam berbagai bidang, namun seringkali kebutuhan pendidikan mereka tidak terpenuhi secara optimal dalam sistem pendidikan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi dalam pendidikan anak gifted dan mengeksplorasi solusi yang dapat diterapkan melalui pendekatan holistik. Beberapa isu yang dihadapi dalam pendidikan anak gifted meliputi kesulitan dalam identifikasi, kurangnya kurikulum yang sesuai, serta ketidakcukupan dukungan emosional dan sosial. Anak-anak gifted juga sering mengalami tekanan berlebih untuk berprestasi dan kurangnya perhatian terhadap aspek kreativitas serta keseimbangan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui tinjauan literatur. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu dalam pengajaran, serta peningkatan seluruh elemen terkait untuk menangani kebutuhan unik anak-anak berbakat. Selain itu, pengembangan program yang mendukung kesejahteraan emosional, kreativitas, dan sosial anak gifted perlu mendapat perhatian yang sama pentingnya dengan aspek akademis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...