Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 12 Medan

Sinaga, Adi (Unknown)
Lydia, Cellion (Unknown)
Simanjuntak, Juanda Rifki (Unknown)
Panjaitan, Maria (Unknown)
Siregar, Nurhasanah (Unknown)
Ikhwani, Mawaddah (Unknown)
Tamba, Risna Apriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 12 Medan. Penelitian ini dilakukan pada hari Senin tangal 4 November 2024 yang berada di Jl. M.H Thamrin No.52, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan . Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasilnya pengaruh model pembelajaran ekspositori yang menunjukkan bahwa meskipun strategi pembelajaran ekspositori berfokus pada penyampaian materi oleh guru dan memberikan kesempatan bertanya, tantangan utama tetap pada rendahnya kemampuan penalaran dan literasi matematika siswa, sehingga meskipun model ini kurang menarik dan menyebabkan kebosanan, penerapan pembelajaran kontekstual teridentifikasi sebagai metode yang lebih efektif dalam mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...