Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Vol 5, No 3 (2024): J-P3K DESEMBER

Pelatihan Pelatih (Training of Trainers) Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi dan Self-Efficacy

Defanti, Rahelda (Unknown)
Nurwianti, Fivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Kesehatan mental remaja, baik di Indonesia maupun global, semakin memprihatinkan, dengan prevalensi gangguan mental yang tinggi, seperti depresi. Pendekatan konseling sebaya terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan mental, membangun konsep diri, dan mengurangi perilaku berisiko. Namun, keberhasilan metode ini sangat bergantung pada pelatihan yang mampu meningkatkan self-efficacy dan regulasi emosi konselor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan dalam meningkatkan self-efficacy dan regulasi emosi pelatih konselor sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental. Partisipan penelitian ini terdiri dari 10 orang mahasiswa fakultas psikologi yang mendaftar untuk program menjadi pelatih konselor sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan self-efficacy dari partisipan secara signifikan dan tidak berdampak signifikan pada regulasi emosi partisipan. Temuan dari penelitian ini dapat menekankan rangkaian pelatihan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pelatih konselor sebaya yang efektif, khususnya untuk kalangan remaja. Dengan meningkatkan pelatih yang memiliki kemampuan tersebut, program konseling sebaya diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-P3K

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health Social Sciences

Description

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki ...