Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 4 No 3 (2024): NOVEMBER

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MELALUI PAIRED STORYTELLING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Nurmiyati, Nurmiyati (Unknown)
Suryani, Lilis (Unknown)
Baderiah, Baderiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang dan tidak variatif media belajar dan sumber bahan ajar di SD Negeri 4 Lasusua sehingga menyebabkan sulitnya siswa dalam mempelajari materi keterampilan menyimak cerita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri 4 Lasusua sebanyak 20 orang siswa. Teknik analisis  data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil perolehan validasi ahli materi sebesar 89%, ahli bahasa sebesar 82%, ahli media sebesar 80%, hasil respon pendidik terhadap kepraktisan video animasi sebesar 84%, dan hasil respon siswa terhadap kepraktisan video animasi sebesar 81%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...