Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 4 No 3 (2024): NOVEMBER

ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 1 KEDUNGKUMPUL

Febrita Duwi Hartini (Unknown)
Rudi Umar Susanto (Unknown)
Syamsul Ghufron (Unknown)
Suharmono Kasiyun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari peserta didik, guru wali kelas, dan orang tua. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji kredibilitas menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar pada aspek-aspek keterampilan bahasa indonesia berikut: aspek menyimak (kesulitan mempertahankan fokus), aspek berbicara (siswa cenderung pasif saat diminta berbicara di depan guru atau teman), aspek membaca (kesulitan mengeja huruf, mengenali kata-kata sulit, dan memahami bunyi kata), serta aspek menulis (kesulitan menulis huruf kapital, tanda baca, tulisan tidak rapi, dan lambat menulis). Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal yang meliputi minat, konsentrasi, dan motivasi peserta didik, serta faktor eksternal yang meliputi lingkungan sekolah dan keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...