Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Amurang melalui metode tutor sebaya atau peer teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Semester 1 Tahun pelajaran 2023/2024. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode tutor sebaya dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berbicara siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 67,1, atau masuk dalam kategori kurang. Namun, pada siklus II, setelah menerapkan metode tutor sebaya, keterampilan berbicara meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 89,4, atau masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya atau peer teaching efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas XII Akuntansi.
Copyrights © 2024