Model pengembangan 4D telah banyak diteliti oleh peneliti manum pengelompokan hasil penelitian mengenai model pengembangan 4D masih kurang diteliti .Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan penelitian terkait model pengembangan 4D berdasarkan pengembangan produk, perangkat pembelajaran, model pembelajaran, keterampilan yang dikembangkan, jenjang Pendidikan, kelas, mata pelajaran, dan kurikulum. Artikel ini berkontribusi dalam menentukan kebaharuan penelitian terkait dengan topik model 4D. penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan menganalisis 100 artikel ilmiah menggunakan Publish Or Perish (POP) dengan data base berasal dari Google Scholar menggunakan keyword Pengembangan 4D dengan maksimum pencarian 1000 artikel dalam Bahasa Indonesia. Model 4D paling banyak mengembangkan perangkat pembelajaran media elektronik dengan mengembangkan keterampilan hasil belajar, menggunakan pendekatan saintifik pada jenjang SMA kelas XI mata pelajaran Matematika kurikulum 2013. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan model 4D pada perangkat pembelajaran, game edukasi, dan SSP dengan keterampilan komunikasi dan Keterampilan Proses Sains (KPS) menggunakan pendekatan PMR dan Study Lesson pada Jenjang SMP kelas IX merupakan topik yang mengandung kebaharuan untuk diteliti
Copyrights © 2024