Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 3 No. 7 (2024): Desember 2024

Pengembangan Web Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak Usia 10-12 Tahun Dirumah

Dewi Puji Lestari (Unknown)
Mahruroji, Firna Afifatun Nuha (Unknown)
Ahmad ibrahim, Kania Novaliani (Unknown)
Riyanti, Lilis Handayani N (Unknown)
Sri Wartati, Shella Meiliza (Unknown)
Supatmi, Sonia Firnanda (Unknown)
Hendro Mustofa, Syahira Shinta Hanjani (Unknown)
Alia Choirunnisa, Tiara Fitri Nalindra (Unknown)
Agus Salim, Tri Atiiqoh (Unknown)
Yoga Aditia Ragil (Unknown)
Gunawan Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah situs web menggunakan Google Sites yang dirancang khusus untuk meningkatkan literasi dan numerasi pada anak usia 10-12 tahun di rumah. Dalam perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan media digital dalam pendidikan menjadi penting, terutama dalam konteks pembelajaran di luar sekolah. Website yang dikembangkan menawarkan berbagai materi interaktif dan menarik yang dapat diakses secara mudah oleh anak-anak dan orang tua. Materi yang disajikan meliputi kegiatan membaca, menulis, dan latihan soal matematika yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba terhadap situs web ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi anak, yang tercermin dari peningkatan nilai tes pra dan pasca penggunaan situs web. Dengan demikian, situs web ini dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran di rumah untuk mendukung pengembangan literasi dan numerasi anak pada usia dasar. Kata Kunci: Google Sites, literasi, numerasi, anak usia 10-12 tahun, pembelajaran di rumah, pengembangan web.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...