Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 3 No. 7 (2024): Desember 2024

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan di Kelompok A TK Muslimat NU 1 Pamekasan

Siti Muchlisatul Amalia (Unknown)
Khairunisa (Unknown)
Medi Yana (Unknown)
Luqiyya Mina’ur Rofahiyah (Unknown)
Busana (Unknown)
Minhatul Ilah (Unknown)
Noer Cholis (Unknown)
Hairun Nisak (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Pada anak usia dini kemampuan bahasa merupakan hal penting agar mereka mudah mengungkapkan kata-kata pada orang lain di sekitar mereka. Tujuan dari Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan cara bercerita menggunakan perantara boneka tangan pada kelompok A di TK Muslimat NU 1 Pamekasan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui 4 langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu 14 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan di TK Muslimat NU 1 Pamekasan, dengan total enam kali pelaksanaan yang dibagi dengan dua siklus. Cara pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan mendokumentasikan kegiatan. Lembar pengamatan dan hasil dokumentasi kegiatan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan boneka tangan dalam bercerita kemampuan bahasa anak meningkat. Peningkatan kemampuan berbahasa anak terlihat dari hasil perkembangan bahasa mereka. Sebelum melakukan tindakan, kemampuan berbahasa anak hanya mencapai 20%. Setelah siklus 1, kemampuan ini meningkat menjadi 45%, dan setelah siklus 2, mencapai 75%. Menurut hasil ini, dapat diketahui bahwa kemampuan berbahasa anak di kelompok A TK Muslimat NU 1 Pamekasan mengalami peningkatan dengan cara bercerita menggunakan boneka tangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...