Komunikasi : Jurnal Komunikasi
Vol 15, No 2 (2024): September

Membangun Atensi Pada Media Sosial (Studi Netnografi Remaja Pengguna Instagram)

Hariatiningsih, Laurensia Retno (Unknown)
Irwanto, Irwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Abstrak - Penelitian ini mengungkap penggunaan lambang komunikasi oleh remaja dalam membangun atensi atau mencari perhatian warganet pada Instagram. Metode yang digunakan dalam menganalisa percakapan dan interaksi pada penelitian ini adalah netnografi. Dari penelitian ditemukan bahwa pengguna Instagram melakukan konstruksi pesan bisa melalui tulisan, foto bahkan tayangan yang berbentuk visual dan audio. Lambang komunikasi tersebut disampaikan dengan mengoptimalkan fitur visual dan audio yang terdapat pada media sosial tersebut. Konstruksi bertujuan untuk memperoleh perhatian yang bisa berwujud dari jumlah penonton atau view dan jumlah likes atau suka. Lebih dalam lagi terungkap bahwa perhatian yang dimaksud oleh pengguna Instagram tidak hanya ditujukan pada warganet secara umum namun juga ditujukan pada pasangan atau pujaan hati. Abstract - This study revealed the use communication symbols in seeking attention from netizens on Instagram by teenager. This research analyzing conversations and interactions text on Instagaram by netnography methode.  It was found that Instagram users do message construction through writing, photos and even visual and audio shows. The communication symbol is conveyed by optimizing the visual and audio features found on the social media. Construction aims to get attention that can be tangible from the number of viewers and likes. Furthermore, it was found that the attention referred by Instagaram users was not only directed at netizens in general but also aimed at couples or idolaters.  

Copyrights © 2024