Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9, No 1 (2024): Bioedusiana

Meta-Analysis of Using Interactive E-Modul Based on Problem Based Learning on Excretion System to Improve Students Critical Thinking

Suri, Fatimah (Unknown)
Purwanto, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah yang sejenis terkait dengan e-modul interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) kemudian menganalisisnya. Perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat, terlihat dari semakin beragamnya metode pembelajaran yang digunakan, dan pemanfaatan berbagai media yang berguna untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil  pembelajaran. Dari hasil analisis data diketahui beberapa jurnal Beberapa jurnal telah dilakukan pengembangan e-modul baik di bidang Pendidikan maupun di bidang lain. e-modul interaktif berbasis e-learning memang sudah banyak yang mengembangkan bahkan ada yang sudah mengembangkan E-modul interaktif pada materi Sistem Ekskresi berbasis PBL tetapi modul tersebut berbentuk cetak, tidak interaktif. Berdasarkan analisis beberapa jurnal sudah ada yang mengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada tingkat Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta pada materi Sistem Gerak Manusia. Namun berdasarkan hasil analisis peneliti dari beberapa jurnal belum ada yang mengembangkan e-modul Interaktif berbasis PBL pada materi sistem Ekskresi untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Analisis beberapa jurnal e-modul Interaktif  termasuk kategori layak di gunakan karena e-modul interaktif merupakan penyajian konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga diharapkan siswa mengonstruksikan pengetahuan  serta memanfaatkan media pembelajaran, karena sangat penting bagi siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar, motivasi dan  pemahaman siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...