Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9, No 1 (2024): Bioedusiana

Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Pengelolaan Limbah Lokal

Dewi, Asih Fitriana (Unknown)
Sari, Tika Mayang (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Minimnya bahan ajar mikrobiologi yang mengangkat potensi lokal khususnya mengenai pengelolaan limbah organik secara mikrobiologi. Hal ini berdampak pada kesulitan memahami materi yang menyebabkan kurangnya pengaplikasian materi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis kelayakan serta respon pengguna bahan ajar mikrobiologi berbasis potensi lokal dalam mengelola limbah organik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4 D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (validasi ahli materi dan validasi ahli media). Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh persentase rerataan skor 95% dengan kategori sangat layak tanpa revisi. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase rerataan skor sebesar 96,7% dengan kategori sangat layak tanpa revisi. Data hasil uji coba kelompok kecil terkait respon mahasiswa menunjukan respon yang positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan rerata persentase sebesar 90,3% dengan kategori sangat baik.  Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji coba kelompok kecil maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mikrobiologi berbasis potensi lokal (pengelolaan limbah organik) dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran mikrobiologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...