JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 9, No 3 (2024): VOLUME 9 NUMBER 3 SEPTEMBER 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Mata Pelajaran IPAS Materi Tumbuhan Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 16 Karangasem

Muthoharoh, Elysa Ifhatul (Unknown)
Susandi, Ari (Unknown)
MZ, AF Suryaning Ati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari pengembangan media pembelajaran scrapbook adalah membantu siswa agar lebih mudah memahami materi, siswa tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung dan membuat siswa lebih interaktif sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan 4-D yang memiliki empat tahap pengembangan yaitu define, design, development dan disseminate. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 teknik yaitu validasi dan angket. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah 16 Karangasem. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan media pembelajaran scrapbook dapat disimpulkan : (1) Kevalidan pada media pembelajaran scrapbook dengan menggunakan validasi yaitu validasi media mendapatkan hasil 90% dan validasi materi mendapatkan hasil 90% yang dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Kepraktisan media scrapbook pada uji coba terbatas mendapatkan hasil 95% dan uji coba lapangan mendapatkan hasil 98% yang dinyatakan bahwa mendia pembelajaran praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Keefektifan media scrapbook pada uji coba terbatas mendapatkan hasil 93% dan uji coba lapangan mendapatkan hasil 96% yang dinyatakan bahwa media scrapbook efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scrapbook sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...