Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan kepedulian terhadap lingkungan hidup pada siswa kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan quasi-eksperimen pretest-posttest group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN 05 Madiun Lor yang dibagi menjadi 2 grup yaitu grup eksperimental dan grup kontrol. Sampel di ambil dengan menggunakan purposive sampling yang peneliti anggap memiliki kemampuan dan karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Pre-test dan post-test digunakan untuk menguji hasil efektifitas dari PBL. Dengan menggunakan Uji T, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis dan kepedulian terhadap lingkungan hidup siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan kepedulian terhadap lingkungan hidup siswa
Copyrights © 2024