Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Melalui Media Wordwall pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan tiga siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu berjumlah 22 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar IPAS materi kekayaan budaya indonesia melalui media wordwall . Teknik dalam pengumpulan ini observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan persentase guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa mulai dari siklus I pertemuan pertama dengan persentase siswa 23%, siklus I pertemuan kedua dengan persentase siswa 27%, siklus II pertemuan pertama dengan persentase siswa 41%, siklus II pertemuan kedua dengan persentase siswa tuntas 55%, siklus III pertemuan pertama dengan persentase siswa 64%, siklus III pertemuan kedua dengan persentase siswa 82%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan mengalami Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Melalui Media Wordwall pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024