Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis tingkat validitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik pada topik bangun ruang; menganalisis tingkat praktikalitas tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan; menganalisis keefektifan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik; dan mengetahui respon siswa terhadap tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SDN 064987 Medan pada tahun Pelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 30; Hasil penelitian diperoleh bahwa; kemampuan tes HOTS berbasis pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa telah memenuhi kriteria valid; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria praktis; tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria efektif; dan respon siswa terhadap tes kemampuan HOTS berbasis pembelajaran matematika realistis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria yang diperoleh rata-rata di atas 80% pada uji coba I dan uji coba II.
Copyrights © 2025