Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena kondisi di lapangan, budaya informal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini mendeskripsikan secara luas dan mendalam keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Kelas X MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pokok komposisi fungsi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa terlibat aktif dalam mendiskusikan suatu topik yang dibentuk dalam kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang dengan memperhatikan heterogenitas, bekerja sama dan setiap anggota bertanggung jawab terhadap materi yang dipelajarinya. Mendapatkannya dari kelompok asal dan berperan aktif dalam menyampaikan materi kepada anggota kelompok lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat memberikan semangat belajar pada siswa, dapat meningkatkan kreativitas guru dan siswa. Diskusi kelompok membuat siswa lebih efektif dalam mempelajari dan mendiskusikan materi yang akan dibahas. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam mencari literatur diskusi yang akan dibahas dalam diskusi kelompok. Diskusi kelompok ini juga memungkinkan siswa menyalurkan pemikirannya terhadap materi yang akan dibahas. Diharapkan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran, karena melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikategorikan efektif dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Copyrights © 2024