Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana wujud integrasi pendidikan karakter beriman, bertaqwa terhadp tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan asesmen perilaku peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMP Negeri 26 makassar. Peserta didik, kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek humas, wakasek kuruikulum, guru BK, guru pendidikan pancasila, guru agama, wali kelas, guru mapel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Integrasi karakter beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa diwujudkan dalam capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan pancasila yaitu: Religius, Saling menghargai, Kekeluargaan, dan Gotong-royong. Asesmen perilaku peserta didik sebagai perwujudan karakter ini (terhadap indikator : akhlak agama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara) pergerakannya berada pada kategori “Sedang” hingga “Baik Sekali”
Copyrights © 2024