SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya
Vol 19, No 2 (2024)

INTEGRASI KARAKTER (BERIMAN, BERTAKWA TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP NEGERi 26 MAKASSAR

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Suyitno, Imam (Unknown)
Bakhtiar, Bakhtiar (Unknown)
Najamuddin, Najamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana wujud integrasi pendidikan karakter beriman, bertaqwa terhadp tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan asesmen perilaku peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMP Negeri 26 makassar. Peserta didik, kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek humas, wakasek kuruikulum, guru BK, guru pendidikan pancasila, guru agama, wali kelas, guru mapel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Integrasi karakter beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa diwujudkan dalam capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan pancasila yaitu: Religius, Saling menghargai, Kekeluargaan, dan Gotong-royong. Asesmen perilaku peserta didik sebagai  perwujudan karakter ini (terhadap indikator : akhlak agama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara) pergerakannya berada pada kategori “Sedang” hingga “Baik Sekali”

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

supremasi

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

egal Studies: Criminal law, civil law, constitutional law, human law, customary law, Islamic law, government and regional autonomy. Pancasila and Civic Education: Studies of the state foundation and ideology, democracy, conflict resolution, nationalism, Pancasila and civic education, national ...