Jurnal Social Library
Vol 4, No 3 (2024): JURNAL SOCIAL LIBRARY NOVEMBER

Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja: Peran Dukungan Sosial Dan Self-Efficacy Sebagai Mediator

Alfajri, Fauzan Ahmad (Unknown)
Dimala, Cempaka Putrie (Unknown)
Pertiwi, Anggun (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan self-efficacy sebagai mediator terhadap academic burnout yang dilakukan kepada 218 responden yang merupakan mahasiswa pekerja. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Maslach Burnout Inventory Survey Study (MBI-SS), General Self-efficacy Scale (GSES), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Teknik pengambilan data yang digunakan non-probability sampling dengan jenis snowball sampling. Analisis data menggunakan path analysis. Hasil uji hipotesis melalui path analysis dengan menghasilkan path coefficeint pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout sebesar 0.244 (p0.05), artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Serta pengaruh dukungan sosial terhadap self-efficacy sebesar 0.001 (p0.05) artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Lalu pengaruh self-efficacy terhadap academic burnout sebesar 0.001 (p0.05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan, indirect effects antara dukungan sosial dan self-efficacy terhadap Academic burnout sebesar 0.001 (p0.05) artinya bahwa self-efficacy dapat berperan sebagai mediator penuh pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout. Studi ini menemukan bahwa dukungan sosial tidak memiliki pengaruh terhadap kelelahan akademik mahasiswa yang bekerja. Namun, melalui jalur self-efficacy, dukungan sosial berkontribusi sebesar 23,2 % terhadap academic burnout dan terhadap self-efficacy sebesar 16,7%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Social Library is to provide scientific article of social and humanities studies that developed in attendance through the article publications, research reports, and book reviews. The focus and scope of the journals: Phylosophy, Psychology, Health, Law, Politics, Economics, Communication, ...