Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 9 No. 3 (2024): December

Perilaku Berbahasa di Media Sosial Tiktok : Kajian Psikolinguistik

Khairiyah, Ayu (Unknown)
Tulak, Jeremi Tombi Layuk (Unknown)
Kalukar, Ventje (Unknown)
Susilo, Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana platform media TikTok dapat memberikan perubahan dan pengaruh pada perkembangan Bahasa Indonesia, peran platform media sosial TikTok dalam memengaruhi pembentukan subkultur bahasa di masyarakat, serta dampak jika remaja tidak bijak dalam menggunakan bahasa di platform media TikTok. Data penelitian kualitatif deskriptif ini diambil dari kolom komentar akun TikTok Rizky Billar. Pengumpulan data dilaksanakan bulan November 2024. Data dikumpulkan dengan menyimak berbagai teks lalu dicatat di kartu data. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teori, sumber data, dan metode. Data dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik lanjutan bagi unsur langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membalik, menyingkat, menghilangkan suku kata, dan pengakroniman dilakukan dalam situasi tidak resmi. Dilakukannya keempat hal tersebut untuk mencirikan kelompok, menandakan kedekatan, dan mengefisienkan waktu dan ruang. Dengan demikian, bahasa di media sosial cenderung tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia dan jika digunakan terus menerus akan mempengaruhi penggunaan bahkan perubahan bahasa Indonesia di kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Aplikasi TikTok, Kajian Psikolinguistik, Perilaku Berbahasa, Media Sosial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...