EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Pengembangan E-MOTIF (Elektronik Modul Interaktif) Berbasis Discovery Learning Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Jannah, Dian Arifatul (Unknown)
Astawan, I Gede (Unknown)
Asril, Nice Maylani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan melakukan pengembangan E-MOTIF (Elektronik Modul Interaktif) Berbasis Discovery Learning pada muatan IPA, mengetahui rancang bangun, kevalidan, dan kepraktisan E-MOTIF (Elektronik Modul Interaktif) Berbasis Discovery Learning pada muatan IPA terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada topik Gaya di sekitar Kita di SDN 1 Baktiseraga. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan pemodelan ADDIE, terdapat lima tahapan dalam model pengembangan ADDIE, akan tetapi penelitian pengembangan model ADDIE yang dilakukan hanya sampai tahap implementasi, karena keterbatasan waktu serta tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan suatu media pembelajaran yang valid dan praktis untuk diimplementasikan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi.  Hasil Penelitian ini yakni: (1) persentase hasil validitas menurut ahli materi pembelajaran senilai 87% berkualifikasi layak, (2) persentase hasil validitas menurut ahli media pembelajaran senilai 88% berkualifikasi layak, (3) persentase kepraktisan senilai 96,7% berkualifikasi sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...