Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran matermatika khususnya materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran two dimensional pada materi keliling dan luas bangun datar untuk kelas 4 SDN 1 Tanjungkalang. Model penelitian pengembangan ini adalah R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah 37 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas 4A dan 17 siswa dari kelas 4B. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil: (1) kevalidan media pembelajaran two dimensional pada materi keliling dan luas bangun datar memperoleh skor 90% yang menyatakan media pembelajaran two dimensional yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat valid, (2) kepraktisan media pembelajaran two dimensional memperoleh nilai rata-rata angket respon guru dan siswa pada uji coba luas memperoleh skor 94% media pembelajaran two-dimensional yang dikembangkan sangat praktis. (3) keefektifan berdasarkan hasil uji post-test pada uji coba luas memperoleh rata-rata gabungan 92%, artinya media pembelajaran two dimensional yang dikembangkan sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran two dimensional ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar.
Copyrights © 2024