EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Eksplorasi Dampak Perbedaan Individu dalam Inteligensi dan Bakat Terhadap Pencapaian Pembelajaran STEM

Rais, Hidayati (Unknown)
S, Neviyarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) menjadi fokus utama dalam banyak negara karena dianggap sebagai kunci untuk menghasilkan generasi yang mampu mengatasi tantangan global yang semakin kompleks. Pencapaian dalam pembelajaran STEM dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik eksternal seperti kurikulum dan metode pengajaran, maupun faktor internal, terutama inteligensi dan bakat individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak perbedaan individu dalam hal inteligensi dan bakat terhadap pencapaian pembelajaran STEM. Berdasarkan tinjauan teori dan penelitian sebelumnya, inteligensi yang lebih tinggi dan bakat alami di bidang STEM berperan penting dalam kemampuan siswa untuk menyerap informasi, berinovasi, serta memecahkan masalah yang kompleks. Penelitian ini diterapkan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada kajian literatur yang relevan untuk menggali hubungan antara inteligensi, bakat, dan pencapaian dalam pembelajaran STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik inteligensi maupun bakat, bila dikembangkan dengan baik, dapat mempercepat proses pembelajaran dan meningkatkan pencapaian dalam bidang STEM. Temuan ini memberikan wawasan untuk merancang pendekatan pengajaran yang lebih inklusif dan disesuaikan dengan perbedaan individu dalam pendidikan STEM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...