EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching)

Sya'bani, Anisa Aulia Nur (Unknown)
Primadani, Aisyah Ilmi (Unknown)
Aini, Alfia Budi Nur (Unknown)
Kuswardi, Yemi (Unknown)
Hastuti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsentrasi belajar matematika dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kebakkramat melalui pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Subjek dalam penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 34 peserta didik. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada pada siklus 1 proses pembelajaran matematika dikatakan belum cukup baik, karena konsentrasi dan hasil belajar peserta didik belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Sedangkan pada siklus 2 konsentrasi dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1. Peserta didik dapat berkonsentrasi dengan baik dan memenuhi persentase 50% ke atas pada setiap indikatornya. Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada siklus 1 yaitu 77,79 meningkat menjadi 84,94 pada siklus 2. Disimpulkan bahwa melalui pendekatan CRT pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...