EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Kontribusi Gagasan Wahid Hasyim dan Fatimah Mernisi terhadap Rekontruksi Pendidikan Agama Islam

Akbar, Aulia (Unknown)
Bahari, Arman Adiviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Berdasarkan konteks globalisasi, sistem pendidikan dituntut untuk melakukan permbaharuan akibat masifnya arus globalisasi yang menuntut pendidik dan peserta didik cakap dalam mengikuti perkembangan zaman. Berdasarkan latar malasah tersebut, maka tulisan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi atas pembaharuan sistem pendidikan agama Islam berlandaskan pada gagasan pemikiran Wahid Hasyim dan Fatimah Mernisi guna memenuhi kebutuhan masa depan. Adapun penelitian ini menggunakan metode library research dengan pengumpulan data melalui analisis dan telaah jurnal, buku, artikel, maupun dokumen yang relevan dengan topik yang diangkat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implikasi dari gagasan pemikiran Wahid Hasyim dan Fatimah Mernisi mengenai rekontruksi Pendidikan Agama Islam ialah perlunya interdisipliner ilmu pengetahuan yang melibatkan integrasi berbagai disiplin ilmu, guna memperkaya pemahaman dan memperoleh keilmuan yang lebih komprehensif. Dengan interdisiplin ilmu pengetahuan, guru-guru dituntut agar dapat memadukan materi Pendidikan Agama Islam dengan ilmu-ilmu lain. Hal ini ditujukan untuk perkembangan pengetahuan dan nalar peserta didik semakin holistic dan komprehensif serta cakap dalam menjawab perkembangan zaman

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...