Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman siswa, yang terlihat dari rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa sekolah dasar. Pembelajaran IPAS di SD sering kali menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemahaman siswa, yang tercermin dari rendahnya hasil belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan 24 siswa kelas IV di SD Negeri 117 Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa, dengan peningkatan nilai hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Langkah-langkah seperti pemberian motivasi, pembagian kelompok belajar yang heterogen, dan kesempatan untuk presentasi berkontribusi pada hasil positif. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran PjBL dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih baik.
Copyrights © 2024