EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Fase E Kurikulum Merdeka

Fadillah, Denia Nur (Unknown)
Sohidin, Sohidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini didasari oleh penerapan model pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran dasar-dasar akuntansi fase E kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2024. penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada narasumber, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran dasar-dasar akuntansi fase E kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Sukoharjo bukan merupakan pembelajaran berbasis proyek, akan tetapi pola pembelajaran akuntansi berbasis masalah. Hal tersebut didasarkan pada parameter topik masalah yang diambil, produk yang dihasilkan, dan modul ajar yang belum memenuhi standar model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di SMK Negeri 1 Sukoharjo belum sesuai dengan yang diharapkan dalam kurikulum merdeka. Sehingga, pihak sekolah perlu lebih memahami perubahan kurikulum yang digunakan dan dapat segera menyesuaikan pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...