Penelitian ini mengevaluasi pengaruh Model Project Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap nalar kritis dan literasi sains siswa kelas IV SD di Gugus IV, Kecamatan Buleleng pada Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan metode eksperimen semu dan desain Posttest-Only Control Group. Sampel terdiri dari kelas IV SDN 1 Banyuasri sebagai kelompok eksperimen dan IV SDN 4 Banyuasri sebagai kelompok kontrol, dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan MANOVA serta analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor nalar kritis kelompok eksperimen (89,03) signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (65,16), demikian juga dengan literasi sains (80,34 vs. 69,03). Implikasi dari temuan ini adalah bahwa PBL berbantuan video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman ilmiah siswa di sekolah dasar. Integrasi teknologi video dalam pembelajaran tidak hanya membuat materi lebih menarik, tetapi juga lebih terkait dengan aplikasi praktis dalam kehidupan nyata, yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam literatur pendidikan dengan menunjukkan bahwa PBL dengan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan pencapaian akademis dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan kompleks di era teknologi yang terus berkembang
Copyrights © 2024