EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Analisis Perilaku Bermasalah Siswa Kelas Tinggi

Fatihin, Aldi (Unknown)
Basith, Abd (Unknown)
Sumarli, Sumarli (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Perilaku bermasalah merupakan perilaku menyimpang yang dimiliki setiap individu yang bermasalah atau perilaku negatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bermasalah pada siswa di SDN 22 Sulur Medan Kabupaten Sambas, 2) Mendeskripsikan faktor penyebab perilaku bermasalah pada siswa di SDN 22 Sulur Medan Kabupaten Sambas. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki perilaku bermasalah dan guru kelas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis oleh Milse dan Huberman yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku bermasalah siswa di SDN 22 Sulur Medan tergolong perilaku yang harus diperhatikan. Perilaku bermasalah yang paling dominan terjadi diantara 3 subjek siswa yaitu perilaku mengganggu dan perilaku emosional yang dilakukan oleh 2 siswa, sementara perilaku membully, berbicara kotor, dan sering keluar masuk kelas hanya dilakukan oleh 1 siswa saja. Adapun faktor penyebabnya yaitu faktor keluarga karena kurangnya perhatian orang tua, faktor lingkungan karena bergaul dengan lingkungan yang lebih dewasa, dan faktor individu karena masalah emosional yang terjadi pada dirinya sendiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...