Siswa kehilangan minat belajar dan proses menghasilkan puisi ketika guru menggunakan bahan ajar yang tidak dinamis dan menarik. Penelitian di bidang ini diharapkan dapat mengarah pada penciptaan produk media digital, seperti film interaktif, yang dapat membantu siswa kelas empat sekolah dasar belajar membuat puisi. Model pengembangan ADDIE dan penelitian dan pengembangan (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Babat. Kuesioner respon dan aktivitas siswa serta lembar validasi digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan tingkat validasi sebesar 93% di kalangan ahli media, 90% di kalangan ahli desain, dan 90% di kalangan ahli materi, temuan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif bersertifikat layak digunakan. Media pembelajaran video interaktif dinilai praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran baik pada uji coba terbatas (dengan persentase 91%) maupun uji coba lapangan (86%). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video interaktif berhasil digunakan dalam pembelajaran menulis puisi, hal ini ditunjukkan dengan tingkat keefektifan 88% pada uji terbatas dan 84% pada uji lapangan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran video interaktif adalah alat yang hebat untuk pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024