Perbedaan kurikulum di sekolah berbasis Islam menyebabkan munculnya beban akademik yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kecerdasan spiritual dan dukungan orang tua terhadap stress akademik siswa Madrasah Aliyah X Purbalingga, Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan instrument skala Student Life-Stress Inventory (?=0.892), skala The Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (?= 0.823), dan skala dukungan orang tua (?= 0.865). Populasi adalah seluruh siswa kelas XI sejumlah 445 siswa dengan sampel sejumlah 210 siswa, yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan spiritual mempengaruhi stres akademik, dukungan orang tua menentukan stres akademik siswa, kecerdasan spiritual dan dukungan orang tua secara simultan mempengaruhi stress akademik. Temuan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan untuk merancang program intervensi yang bertujuan mengurangi stres akademik siswa dengan pendekatan spiritual dan sosial
Copyrights © 2024