Kurikulum merdeka merupakan pembelajaran terpusat pada siswa yang setiap proses pembelajarannya selalu melibatkan siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengembangan keterampilan proses ilmiah dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif berjenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest posttest design. Artinya hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII-K yang berjumlah 31 siswa. Datanya dikumpulkan memakai dua teknik yaitu, tes dan angket. Berdasarkan penelitian, model pembelajaran inkuiri terbimbing diterapkan sebagai upaya meningkatkan keterampilan proses sains sebanyak 3 pertemuan mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan pada nilai post-test adalah 93,5%. Sedangkan, untuk N-Gain score sebesar 1 yang dikategorikan tinggi. Hal ini memperlihatkan bahwasanya ada peningkatan kerampilan proses sains. Respon siswa pada pembelajaran yang menerapkan model inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang pada kelas VIII-K di SMPN 16 Surabaya sebesar 83,7% yang dikategorikan sangat baik. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwasanya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran dan gelombang bisa meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024