EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Implementasi Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam Analisis Persfektif Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Khalil, Y Satria Hafizil (Unknown)
Arifin, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Selama ini ada kecendrungan pemahaman bahwa Problem Based Learning hanya mengkaji pada aspek kognitif. Padahal model pembelajaran Problem Based Learning juga dapat dikaji dalam perfektif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkontribusi terhadap penguatan pendidikan karakter siswa di SD IT Fauziah Yarsi Mataram. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Metode analisis tematik induktif digunakan untuk menganalisis secara mendalam data yang hasilkan dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya berdampak positif terhadap capaian akademis siswa, namun juga pada pengembangan Pendidikan karakter siswa. Implementasi Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dari perspektif pendidikan karakter mampu mengintegrasikan pengembangan aspek pengetahuan moral (tanggung jawab), perasaan moral (mandiri, empati dan kerjasama), dan tindakan moral (komunikatif) dalam setiap tahapannya. Kesimpulanya, implementasi Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam memberikan konstribusi tidak hanya berdampak pada kognitif tetapi juga pada afektif (karakter) siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...