Tujuan dari riset ini adalah Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Seni Budaya dan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lobalain Kabupaten Rote Ndao. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengertian metode kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat post positivisme yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah. Deskriptif sendiri merupakan metode yang dipakai untuk menjelaskan hubungan antara variable satu dengan variable lainnya. Dalam penelitian ini diharapkan dapat memperoleh data dan informasi dari orang-orang atau subjek yang diamati. Maka hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: guru seni budaya maupun guru Pendidikan Agama Kristen sudah berupaya untuk melakukan berbagai strategi dalam implementasi kurikulum merdeka. Dalam proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Kristen dan guru Seni Budaya dalam menentukan strategi pembelajaran selalu menyesuikan dengan: rumusan tujaun pembelajaran, analisis kebutuhan, kondisi, situasi, fasilitas dan lingkungan belajar. Hal ini sangat penting sehingga benar-benar menjawab kebutuhan peserta didik. Sedangkan dalam impelementasi kurikulum merdeka belajar yang diperhatikan yaitu waktu pembelajaran, pemanfaatan multimedia, pembelajaran yang berbasis projek, mengenal karakteristik siswa, dan literasi. Semua ini sudah diterapkan oleh guru seni Budaya maupun guru Pendidikan Agama Kristen dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024