EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Analisis Kategori Literasi dan Numerasi pada Rapor Pendidikan di Sekolah Dasar

Busthamin, Busthamin (Unknown)
Makhdalena, Makhdalena (Unknown)
Erlisnawati, Erlisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis fluktuasi kemampuan literasi dan numerasi siswa SDIT Aqila Zahra Dumai berdasarkan data rapor pendidikan 2021–2024, dengan tujuan memahami kondisi, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya peningkatan kualitas. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan literasi dan numerasi melalui evaluasi berkelanjutan dan keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan. Faktor pendukung mencakup komunikasi intensif antara sekolah, orang tua, dan siswa, serta integrasi nilai agama. Namun, keterbatasan sumber daya dan pengelolaan data menjadi hambatan utama. Melalui kurikulum terstruktur dan evaluasi berkesinambungan, SDIT Aqila Zahra Dumai berhasil meningkatkan kualitas rapor pendidikan. Fokus pada literasi, numerasi, dan transparansi mencerminkan komitmen sekolah dalam memastikan perbaikan berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan pendidikan siswa secara holistik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...