Penelitian ini menganalisis fluktuasi kemampuan literasi dan numerasi siswa SDIT Aqila Zahra Dumai berdasarkan data rapor pendidikan 2021–2024, dengan tujuan memahami kondisi, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya peningkatan kualitas. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan literasi dan numerasi melalui evaluasi berkelanjutan dan keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan. Faktor pendukung mencakup komunikasi intensif antara sekolah, orang tua, dan siswa, serta integrasi nilai agama. Namun, keterbatasan sumber daya dan pengelolaan data menjadi hambatan utama. Melalui kurikulum terstruktur dan evaluasi berkesinambungan, SDIT Aqila Zahra Dumai berhasil meningkatkan kualitas rapor pendidikan. Fokus pada literasi, numerasi, dan transparansi mencerminkan komitmen sekolah dalam memastikan perbaikan berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan pendidikan siswa secara holistik.
Copyrights © 2024