Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan mensintesis temuan penelitian terkait pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar dan pencapaian matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) atau studi pustaka, yang dilakukan dengan merangkum, mengidentifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan hasil penelitian terdahulu. Pencarian artikel sumber dilakukan melalui Google Scholar, sinta kemendikbud, dan JOEAI, dan diperoleh sebanyak 9 artikel tentang pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar dan pencapaian matematika siswa SMP. Kriteria inklusi yang digunakan untuk memilih studi-studi yang relevan adalah penelitian empiris yang fokus pada penggunaan metode pembelajaran kooperatif di kelas matematika SMP dan mengukur dampaknya terhadap motivasi belajar dan pencapaian matematika siswa. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif berkontribusi secara positif terhadap motivasi belajar dan pencapaian matematika siswa SMP. Metode ini meningkatkan partisipasi siswa, interaksi sosial, serta rasa tanggung jawab bersama dalam proses belajar. Selain itu, metode ini membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik melalui diskusi kelompok dan kerja sama.
Copyrights © 2024