Pembelajaran yang tidak menggunakan media interaktif dalam keterampilan menulis cerpen bisa mengakibatkan ketidakefektifan belajar serta menurunnya hasil belajar siswa. Hasil analisis kebutuhan di SMA Negeri 6 Jeneponto menunjukkan hal ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengembangkan interaktif guru dalam penggunaan media gambar berseri pada keterampilan menulis cerpen siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel dua kelas yakni kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis inferensial, analisis statistika deskriptif, dan uji hipotesis. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar berseri dalam peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa setelah dan sebelum penerapan media gambar berseri dalam peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif antara keefektifan penggunaan media gambar berseri dan hasil belajar siswa pada keterampilan menulis cerpen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis cerpen siswa dinyatakan efektif.
Copyrights © 2024