EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Menjadi Tenaga Pendidik Profesional

Ariyani, Distia Eka Putri (Unknown)
Kurniawan, Riza Yonisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian literature review ini dilatar belakangi oleh ualitas pendidikan di Indonesia masih dikatakan rendah, maka perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan dengan menekankan pada peningkatan peran guru sebagai tenaga pendidik berkompetensi unggul di bidang pendidikan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang akan mempengaruhi kesiapan mahasiswa calon guru menjadi pendidik yang profesional serta memiliki kompetensi yang unggul di bidang pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode literature review yang dilakukan terhadap tujuh artikel yang telah dikumpulkan dari sejumlah laman pencarian artikel secara online. Hasil dari kajian literatur menyatakan bahwa kesiapan menjadi guru yang profesional dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki mahasiswa calon guru ketika masa perkuliahan berlangsung. Hasil artikel review berupa : 1) technological knowledge, 2) pedagogical knowledge, dan 3) content knowledge. Hasil kajian literatur tersebut mengemukakan bahwa pengetahuan yang dimiliki mahasiswa calon gur terkait teknologi, pengetahuan ilmu keguruan, dan pengetahuan terhadap materi atau konten dapat berpengaruh terhadap kesiapan mereka menjadi guru

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...