EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Sekolah Efektif

Lapir, Corlina Niwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Faktor terpenting yang menetukan proses pendidikan di sekolah dapat berjalan secara efektif adalah kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam sudut pandang (perspektif) sekolah efektif. Tinjauan literatur sistematis (SLR) merupakan jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Langkah-langkah yang lengkap dan terperinci diterapkan dalam proses peninjauan studi literatur berkaitan dengan artikel ini. Tinjauan literatur yang dilakukan mencakup jurnal yang bersumber dari jurnal nasional dan international journal. Hasil temuan dari kajian tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif sekolah efektif adalah proses penerapan strategi, peran, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara maksimal untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Peran kepala sekolah dalam perspektif sekolah efektif sebagai berikut: sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, dan innovator. Tolak ukur efektitifnya sekolah dapat dilihat dari empat unsur, yaitu masukan (input), proses, output, dan hasil. Sekolah harus mampu memberdayakan semua komponen dan memiliki sistem manajemen yang baik, yang didukung oleh beberapa elemen seperti kepemimpinan yang kuat, pencapaian kompetensi inti, dan lingkungan yang aman, pencapain prestasi peserta didik dan penilaian secara berkala untuk pencapaian tujuan sekolah. Dengan demikian, penelitian ini penting untuk memberikan pemahaman bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh penting dalam mewujudkan sekolah efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...