EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik Informatika Materi Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Firdaus, Rizal (Unknown)
Herwanto, Heru Wahyu (Unknown)
Jayanti, Ratna Dwi (Unknown)
Maskuri, Muhammad Naja (Unknown)
Ratnasari, Heny Dwita (Unknown)
Hofifah, Hofifah (Unknown)
Maulana, Afiko Ilham Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah mendorong penggunaan media pembelajaran elektronik yang interaktif dan fleksibel dalam dunia pendidikan. Di SMAN 9 Malang, materi pengembangan aplikasi berbasis mobile dalam mata pelajaran informatika diajarkan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Namun, pendekatan konvensional yang berpusat pada guru masih menjadi kendala dalam mencapai tujuan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran elektronik untuk mendukung peningkatan kreativitas siswa kelas XI di SMAN 9 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, melibatkan 36 siswa kelas XI sebagai subjek uji coba. Modul yang dihasilkan divalidasi oleh para ahli dan diujicobakan secara individu, kelompok kecil, serta kelompok besar. Analisis data dilakukan melalui uji pretest-posttest menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji coba menunjukkan modul ini efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa, terbukti dari hasil analisis paired sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian, modul pembelajaran elektronik ini dinilai layak dan efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar pengembangan aplikasi mobile.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...