EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Aplikasi Edpuzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Sari, Sri Emilia Purnama (Unknown)
Chotimah, Umi (Unknown)
Waty, Evy Ratna Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Studi inovatif ini mengkaji efektivitas integrasi Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Edpuzzle dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SMP kelas VII. Investigasi difokuskan pada analisis dinamika motivasi belajar dan capaian akademik peserta didik. Metodologi penelitian mengadopsi pendekatan observasi sistematis disertai dialog mendalam dengan peserta didik, mencakup evaluasi komprehensif terhadap tingkat antusiasme pembelajaran dan performa dalam asesmen daring. Pengamatan terstruktur dilakukan untuk mengukur respons peserta didik terhadap transformasi metode pembelajaran yang diimplementasikan. Data empiris mengindikasikan adanya transformasi positif dalam aspek motivasi, daya kritis, dan kreativitas peserta didik. Temuan ini menegaskan urgensi adaptasi teknologi edukatif dalam proses pembelajaran kontemporer, meski diakui masih terdapat ruang pengembangan untuk riset lanjutan. Signifikansi penelitian terletak pada kontribusinya dalam memetakan efektivitas kolaborasi PBL dan Edpuzzle, sekaligus memberikan landasan konstruktif bagi pengembangan strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila yang lebih adaptif dan efektif di tingkat SMP

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...