EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Pengembangan Pembelajaran yang Berinovatif pada Kemampuan Menyimak Bahasa Jepang melalui Media Interaktif

Launingtia, I Gusti Ayu Niken (Unknown)
Sutama, I Made (Unknown)
Mas Dewantara, I Putu (Unknown)
Wirahyuni, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan suatu kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pengetahuan secara mandiri dengan tujuan mengasah kemampuan otak kanan dan otak kiri oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Jepang yang inovatif dengan memanfaatkan media interaktif untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik. Pada era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi krusial, terutama dalam pembelajaran bahasa asing. Metode yang diterapkan mencakup pengembangan modul pembelajaran berbasis aplikasi interaktif yang mengintegrasikan elemen audio dan visual. Penelitian ini melibatkan serangkaian eksperimen dengan melibatkan peserta didik sebagai subjek penelitian, yang kemudian dievaluasi melalui tes kemampuan menyimak sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menyimak peserta didik, yang diukur dari aspek pemahaman dan kecepatan tanggap terhadap materi yang disampaikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Jepang yang lebih efektif dan menarik, serta mendorong pemanfaatan teknologi dalam pendidikan bahasa. Kesimpulannya yaitu Inovasi dalam pembelajaran tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan linguistik, tetapi juga pada pengembangan sikap positif terhadap belajar bahasa secara keseluruhan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...