EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Implementasi Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Disiplin Belajar Siswa

Sitorus, Zuraini (Unknown)
Lubis, Saiful Akhyar (Unknown)
Daulay, Nurussakinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Tumbuhnya disiplin belajar siswa diharapkan dapat melihat perubahan melalui model bimbingan kelompok dan teknik manajemen self management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model manajemen kelompok dan teknik manajemen diri pada pembelajaran siswa di sebuah sekolah menengah swasta di Bandar Setia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penelitian dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan kepemimpinan kelompok di SMA Swasta Bandar Setia pada awalnya terjadi sehubungan dengan pengenalan lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menginformasikan kepada siswa tentang semua aturan yang harus diikuti. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik self-management digunakan secara efektif pada semua bidang dan disiplin ilmu. Temuan dari penelitian ini adalah siswa mengetahui bagaimana membagi waktunya sesuai dengan pencapaian tujuan harian. Siswa mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan rumah dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tanpa paksaan. Siswa tahu bagaimana mempengaruhi sikap mereka, terutama terhadap guru sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok self management sangat efektif diterapkan di sekolah agar tercapai tujuan indikator pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...